1 / 3
belajar satu
2 / 3
belajar 2
3 / 3
Caption Three

Jumat, 26 Juni 2015

Membuat Sampul FB “Rintikan Air Hujan”

            Facebook merupakan salah satu media interaksi jejaring sosial yang saat ini paling populer. Hampir setiap teman disekitar kita pasti mempunyai jejaring Facebook atau yang mudah disebut FB ini. Selain populer, dalam penggunaannya FB sangatlah mudah, murah dan praktis. Hal ini yang membuat setiap paket internet menawarkan gratis untuk penggunaan facebook. Sehingga hal inilah yang membuat FB banyak diminati pengguna jejaring sosial.
            Facebook sebagai media interaksi tentunya menyediakan fitur untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan teman (pengguna lainnya). Fitur utama alam FB adalah Beranda dan Obrolan. Di beranda kita dapat menulis apapun entah itu share pengalaman pribadi, curhat, aktivitas anda dan aktiviasi lainnya. Apapun yang dituliskan anda, akan diketahui oleh teman anda. Dan apapun yang anda tulis, anda pasti menginginkan feeback atau respon balik dari teman-teman anda.

            Berbeda dengan beranda, obrolan merupakan fitur untuk berinteraksi dengan pengguna lain namun secara tersembunyi. Artinya teman-teman kita tak ada yang tahu interaksi kita, kecuali server yang dihubungkan dengan kita saja. obrolan layaknya sebuah pengiriman pesan singkat. Hanya pengirim dan yang dikirim yang tahu aktivitasnya.
            Memang kedua hal diatas adalah fitur utama yang biasa dilakukan oleh pengguna. Namun jangan abaikan juga penampilan FB. Untuk menarik perhatian teman-teman kita bahkan bukan teman sekaligus, kita perlu mengoles penampilan FB yang ada di Profil. Tampilan yang paling diperhatikan pengguna adalah foto profil. Bahkan tampilan baru FB telah tersedia foto sampul. Foto profil seyogyanya adalah foto pengguna, dengan berbagai model gaya (gaya paha, gaya dada, dll). Sedangkan foto sampul biasanya disajikan dalam bentuk yang menarik, lucu dan tentunya tampil beda. Untuk itu disini saya akan berbagi pengetahuan bagaimana membuat gambar yang menarik, lucu, dan tampil beda yang cocok untuk isajikan di profil sampul anda, yaitu rintikan air hujan.
            Rintikan merupakan tetesan air hujan dalam jumlah yang banyak. Untuk itu sampul yang akan dibuat adalah berupa tetesan air hujan yang banyak. Pembelajaran photoshop kali ini hanya memaksimalkan penggunaan Shape atau Costum Shape Tool.
Langkah pertama dengan menekan CTRL + N, untuk membuka jendela baru. Atur width dan Height sesuai keinginan, atur resolution engan 72 pixel/inch (standard). Atur juga Background Contencts dengan warna putih (white). Kemuian OK
Langkah kedua membuat mendung. Caranya klik icon Costum Shape Tool yang ada pada toolbox sebelah kiri. Pilih shape yang sesuai dan bentukkan di layer background.


Kemudian setelah itu, klik Pen Tool, klik kanan pada shape yang telah dibentuk, kemudian atur radius misalkan 0,5 pixel. kemudian pada operation, beri tanda pada New Selection, lalu OK. Tekan CTRL + J. Akan muncul Layer 1.
Pada Layer 1, klik menu Layer, pilih Layer Style, dropdown pilih Blending Options. Atur Drop Down, dan Inner Shadow
Untuk Drop Down


Untuk Inner Shadow

Dan hasilnya


Langkah ketiga membuat tetasan hujan. Caranya sama seperti langkah kedua. Dengan menggunakan Costum Shape Tool dan pilih shape yang sesuai. Kemudian klik Pen Tool, aturan sama dengan langkah kedua. Kemudian CTRL + J akan membentuk Layer 2. (ketika menekan CTRL + J, layer berada di posisi Layer Background).
Pada Layer 2, klik Layer >> Layer Style >> Blending Options >> Color Ovelay beri warna biru.  

Dan hasilnya
 
Langkah keempat, membuat Rintikan hujan. Caranya hanya menduplikat Layer 2 sebanyak mungkin. Untuk menduplikat Layer. Klik Layer >> Duplikat Layer. Atau lebih praktisnya Pada Layer 2, tekan CTRL + J. Akan menghasilkan layer baru berupa Layer 2 copy. Lakukan sebanyak-banyaknya. Hasilnya


Lakukan secara berulang-ulang sampai membentuk seperti yang dibawah ini. Kemudian percantik dengan image lain dan satukan sesuai foto profil anda. Seperti hasil yang berikut.


Selesai, dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar