1 / 3
belajar satu
2 / 3
belajar 2
3 / 3
Caption Three

Rabu, 10 Juni 2015

Tugas



MOTIVASI
            Motivasi merupakan keinginan yang terdapat pada seseorang yang merangsangnya untuk melakukan tindakan-tindakan atau sesuatu yang menjadi dasar atau alasan seseorang berperilaku. Motivasi dapat berasal dari dalam diri (intrinsik) maupun luar diri (ekstrinsik) seseorang.
            Motivasi sangat penting bagi manajer untuk meningkatkan kinerja (performance) bawahannya karena kinerja tergantung dari bagaimana motivasi, kemampuan, dan lingkungan berfungsi dengan baik. Dalam memotivasi orang, manajer atau pimpinan berhadapan dengan dua hal yang mempengaruhi orang dalam pekerjaan yaitu kemauan (diatasi dengan pemberian motivasi) dan kemampuan (diatasi dengan mengadakan diklat).
            Teori motivasi terbagi menjadi dua, yaitu teori isi dan teori proses. Teori isi (content) fokus pada apa penyebab perilaku terjadi dan berhenti, seperti Teori Maslow, Murray, Alderfer, McGregor, Herzbeg, dan McClelland. Sedangkan teori proses fokus pada bagaimana perilaku dimulai dan dilaksanakan, seperti teori harapan, pembentukan perilaku, Porter-Lawler, dan teori Keadilan.
            Proses motivasi mula-mula diawali oleh adanya kebutuhan. Kebutuhan itu dipenuhi oleh insentif atau gaji/upah dari organisasi tempat kita bekerja. Gaji/upah kita yang kita terima memberikan dampak persepsi misalnya jika organisasi semakin maju, maka organisasi semakin untung. Bila organisasi banyak keuntungannya, diharapkan gaji/upah atau bonus yang akan diterima semakin besar pula. Maka, muncul usaha-usaha motivasi dan kemampuan yang mem
pengaruhi tingkat kinerja.
            Newstrom & Davis memberikan empat pola motivasi yang sangat penting, yaitu prestasi : dorongan untuk menuju pada kesempurnaan, afiliasi : dorongan untuk berhubungan dengan oranglain secara efektif atas dasar sosial, kompetensi : dorongan untuk mencapai hasil kerja dengan kualitas tinggi, dan kekuasaan : dorongan untuk mempengaruhi orang dan situasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar