1 / 3
belajar satu
2 / 3
belajar 2
3 / 3
Caption Three

Minggu, 21 Juni 2015

MENUTUP AURAT


Ringkasan Kultum Taraweh, 21 juni 2015
MENUTUP AURAT

             
     Berbicara tentang aurat, pastilah tak bermasalah untuk seorang laki-laki. Karena batasan mereka adalah hanya antara pusar sampai lutut. Namun dengan perempuan akan terasa berat untuk melakukannya. Apalagi aurat terjaga hanya untuk mahromnya saja. Perempuan memiliki batasan yang sangat berat yaitu menutup anggota badan kecuali muka dan telapak tangan. Apalagi ditambah dengan menjaga lekukan tubuh untuk tidak mengundang nafsu lawan jenis itulah ketentuan yang sesuai syar’i. Hal tersebut telah tertera pada surat ALAhzab; 59 dan An-Nur;31.
   Walaupun demikian, bukan berarti laki-laki lepas dari tanggung jawab. Perempuan adalah menjadi tanggung jawab laki-laki. Jika perempuan membuka auratnya menjadi tanggungan lelaki untuk memperingatkannya, terlebih lelaki sebagai imam dalam keluarga.
   Mengenai hal yang menutupi aurat, yaitu pakaian, berpakainlah selayaknya. Terlebih ketika hendak pergi ke masjid harus berpakaian yang baik. Apalagi ini memasuki bulan ramadhan, seharusnya ketika hendak ke masjid berpakainlah yang rapih dan indah, apalagi dengan menggunakan pakaian paling bagus yang dipunyainya aka nada nilai plus di hadapan Allah SWT. Karena hal ini dijelaskan juga dalam QS Al-A’raf; 31. Fenomena yang terjadi adalah bahwa memang telah menutup aurat seluruh tubunhya tetapi suka menggunakan pakaian gelap. Sebenarnya pakaian gelap dengan menutup seluruh tubuhnya telah ada sejak bani isroil ketika itu. Bukankah Tuhan telah menyeru untuk berpakaian yang indah, temasuk indah dilihat mata.
Wallahu’alam  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar