1 / 3
belajar satu
2 / 3
belajar 2
3 / 3
Caption Three

Selasa, 24 Januari 2017

Punakawan (semar=gus dur)



Dari karya Gus Mus dalam salah satu sub judul bukunya, lakon punakawan yang tak asing bagi kita di dunia pewayangan ada 4 tokoh yakni semar, bagong, petruk, dan gareng. Punakawan adalah sekawanan orang dalam kekaisaran yang dinobatkan sebagai seorang penghibur bagi seorang raja. Kecuali semar yang memang cenderung sebagai penasehat bagi sang raja. Semar yang secara risalahnya adalah keturunan seorang dewa / orang pilihan yang memang dirancang untuk meluruskan sang raja supaya tetap pada jalur kebenaran. Dengan ciri fisik yang besar dan kalem jika dikaitkan sebagai dalam birokrasi Indonesia banyak yang menyamakan seperti Gus Dur. Dengan perawakan yang hampir sama –sama-sama gemuk- membuat dirinya dijuluki semarnya Indonesia.
Semar yang identik dengan sang peasehat raja, lucu memang jika dia menjadikan dirinya seorang raja. Jika semar seorang raja, lalu siapa yang menjadi lakon punakawan. Ini mungkin yang membuat kita bertanya-tanya. Ketika seorang tokoh sentral yang harus pergi dari posisinya. Bisa dibilang punakawan tak lagi disebut punakawan. Dan akan ada suatu perpecahan pastinya.
Ini yang terjadi di Negara kita. Ketika Gus Dur sebagai seorang penasehat sekaligus pengkritisi pemerintahan harus memposisikan dirinya sebagai presiden. Dia yang secara aktif adalah lakon partai PKB, harus meninggalkan kursinya untuk jabatan presiden. PKB mungkin menjadi angin-anginan ketika ditinggalkannya. Secara Gus Dur adalah garis keturunan NU. Dan PKB adalah partai NU itu sendiri dalam pemerintahan. Dan yang mendirikan tidak lain adalah Gus Dur. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa Gus Dur adalah PKB, dan PKB adalah Gus Dur.
Saking sentralnya peran Gus Dur di PKB, ketika ditinggalkan demi jabatan presiden, ada perebutan kekuasaan secara halus menggantikan gus dur pastinya. Dan tidak atas dasar kemapanan apa yang dimiliki gus dur –bahkan di era sekarang orang-orang yang kurang kompeten dengan output yang tidak jelas berebut posisi di politik pemerintahan dan jalan yang realistis adalah melalui partai – tak bisa menggantikan posisinya. Tak heran jika ada yang menyebutkan ketika seorang semar menjadi sang raja, lalu siapa yang menjadi lakon punakawan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar