1 / 3
belajar satu
2 / 3
belajar 2
3 / 3
Caption Three

Selasa, 24 Januari 2017

SEHAT JASMANI DAN ROHANI



Di zaman yang serba modern dengan kemajuan teknologi dan kehidupan yang semakin makmur justru mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah serangan penyakit jantung. Penyakit Jantung dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini merupakan penyakit yang menakutkan karena orang dapat meninggal seketika jika terserang penyakit ini. Untuk itu penting merawat organ jantung kita yang merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia.
Pentingnya jantung, orang tanpa organ jantung tak dapat melangsungkan hidup. Karena fungsi jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tanpa organ jantung aliran darah akan terganggu bahkan terhenti sehingga mematikan anggota tubuh lainnya. Sehingga detak jantung yang kita rasakan sangatlah berarti. Tekanan detak jantung juga mempengaruhi kesehatan jantung. Jika tekanan darah tinggi menyebabkan kerja jantung untuk memompa darah lebih besar. Hal ini yang dapat menyebabkan jantung mudah lelah. Tekanan darah yang tinggi dapat diakibatkan melalui dalam tubuh yaitu sari makanan yang diedarkan melalui darah, maupun faktor luar tubuh seperti persepsi yang diterima oleh otak. Misalkan persepsi “marah” sehingga denyut jantung menjadi meningkat.
Untuk mendapatkan jantung yang sehat perlu penanaman gaya hidup yang sehat. Helmanu Kurniadi (2014) melakukan sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa dengan melakukan gaya hidup sehat dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner sebesar 82%. Bagi mereka yang berumur 70 – 80 tahun gaya hidup sehat dapat menurunkan kematian karena penyakit koroner sebesar duapertiganya. Yang dimaksud gaya hidup sehat sebagai kunci hidup sehat adalah (1) makan makanan yang cukup gizi, (2) rajin berolah raga, (3) tidak merokok, dan (4) kondisi psikologi.

Tidak semua makanan yang terlihat sehat itu menyehatkan, dan tidak semua unsur baik dalam makanan baik dalam tubuh. Unsur baik dalam makanan jika dikonsumsi berlebih dalam tubuh juga akan berakibat tidak baik untuk tubuh kita. Misalnya karbohidrat, protein, lemak jika diknsumsi secara berlebih akan menghasilkan kalori yang dapat membuat obesitas. Disamping itu juga kurangi mengkonsumsi garam berlebih. Kelebihan mengkonsumsi garam meningkatkan kadar natrium dalam tubuh. Natrium akan menarik cairan dalam darah sehingga volume cairan dalam darah akan berlebih. Kelebihan cairan menjadi beban untuk jantung. Memakan makanan yang rendah kolesterol dapat meminimalisir penyumbatan pada pembuluh darah jantung.
Makanan yang menyehatkan belum cukup tanpa berolah raga. Olah raga penting untuk tubuh kita untuk menjaga mekanisme tubuh. Tubuh akan menghasilkan keringat sebagai pembakar kalori yang tidak diperlukan tubuh. Dengan berolah raga aktifitas tubuh menjadi meningkat yang dapat memompa jantung secara stabil. Olah raga minimal 30 menit per hari dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung. selain itu dengan olah raga 60 menit per hari dapat mengurangi berat badan tubuh. Orang yang semakin sering bergerak badan secara teratur, semakin besar pula daya proteksinya terhadap jantung. hal inilah yang dapat membuktikan bahwa peerja berat ternyata mendapat kemungkinan penyakit jantung sepertiga daripada yang tidak bergerak badan.
Mengkonsumsi makanan yang baik dan benar akan menghasilkan zat yang baik untuk tubuh. Maka untuk menghasilkan zat yang baik, hindarilah mengkonsumsi rokok. Semua ahli kesehatan setuju bahwa rokok dapat membahayakan bagi tubuh manusia, maka dalam bungkus rokok terdapat peringatan yang mengancam kesehatan. Di dalam asap yang terdapat dalam rokok mengandung zat yang berbahaya bagi tubu. Bahkan ada yang mengatakan terdapat 4000 zat racun yang ada dalam rokok, bahkan asap rokok lebih bahaya daripada asap knalpot motor.
Ketika kesehatan jasmani terpenuhi, jangan melupakan kesehatan rohani. Terkadang sumber penyakit seseorang bukan dari jasmaninya, namun rohaninya. Kondisi rohani manusia adalah kondisi psikologis bukan biologisnya. Kondisi jiwa dan mental yang terganggu akan mempengaruhi kesehatan dia. Orang yang mudah marah, kondisi jiwanya sedang terganggu. Sehingga metabolisme dalam tubuh akan meningkat, darah akan dipompa secara cepat. Hal ini yang memicu tekanan darah dan denyut jantung semakin meningkat. Ini akan memicu kondisi tubuh lainnya, seperti bernafas dengan cepat atau terengah-engah. Maka dari itu tertawalah maka akan mengurangi kondisi tegang dalam tubuh. Dan jangalah menyimpan dendam terhadap orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar